Jawaban Diskusi & Tugas UT

Diskusi perilaku konsumen UT

Halo pembaca setia, kembali lagi dengan artikel mengenai tugas dan diskusi UT. Kali ini saya akan bagikan diskusi perilaku konsumen UT yang pernah saya dapatkan saat tutorial online.

Pendahuluan

Diskusi mata kuliah Perilaku Konsumen merupakan salah satu diskusi menarik yang membahas bagaimana konsumen bisa memutuskan untuk melakukan pembelian atau konsumsi barang/jasa.

Berikut soal yang pernah saya dapatkan pada saat sesi diskusi mata kuliah Perilaku konsumen saat tutorial online. Untuk diskusi keberapanya saya lupa sih 😅

Soal dan jawaban diskusi

1. Seandaianya Anda adalah agen perjalanan wisata, bagaimana strategi pemasaran anda akan berbeda ketika anda menargetkan bujangan dan keluarga lengkap lambat? uraikan jawaban anda!

Jawab :

Seandainya saya adalah agen perjalanan wisata strategi pemasaran yang akan saya lakukan yaitu membedakan penawaran produk sesuai dengan target pasar.

Untuk target pasar bujangan. dalam hal in bujangan merupakan kata yang digunakan sesuai dengan status perkawinan sehingga orang yang belum menikah dan usia di bawah 35 tahun dianggap masih termasuk dalam kategori ini sehingga penawaran perjalanan wisata akan lebih berfokus pada wisata ke beberapa destinasi yang cocok untuk bujangan yaitu wisata alam, wisata belanja, dan wisata ke luar negeri ke beberapa negara yang sedang popular. Umumnya destinasi wisata untuk kategori bujangan lebih fleksibel karena sifat bujangan yaitu gemar explore tempat baru.

Selain itu masalah penginapan/akomodasi segala konsep penginapan masih bisa ditawarkan seperti private room, shared room, dorm. Private room merupakan konsep penginapan yang kamar penginapannya terpisah dengan tamu lain seperti kamar hotel, kamar apartment sewaan. Sedangkan shared room merupakan konsep penginapan dimana dalam satu ruangan besar terdapat beberapa tempat tidur dan terpisah dengan beberapa sekat, konsep ini cocok untuk para bujangan yang suka berinteraksi dengan orang lain dan budget minim hanya kekuranggan tidak ada privasi. Lalu umumnya paket wisata yang dapat ditawrkan untuk target ini yaitu paket hemat dan durasi waktu wisata yang lumayan singkat seperti mengisi weekend.

Sedangkan untuk keluarga lengkap lambat kategori ini meliputi keluarga lengkap usia istri lebih dari 35 atahun dan anak kurang dari 6 tahun umumnya tujuan wisata akan berkutat pada wisata alam, wisata edukasi ramah anak, wisata hiburan seperti dufan, Disneyland, dan beberapa tujuan wisata yang bisa dinikmati oleh keluarga. Selain itu penawaran penginapan untuk target pasar ini berbeda dengan bujangan, umumnya penginapan yang cocok untuk target pasar ini yaitu penginapan dengan beberapa room seprti villa, atau penginapan dengan room kapasitas besar yang dapat menampung anggota keluarga yang ikut, serta konsep private room karena konsep shared room kurang cocok untuk target pasar ini.

Selain itu penawaran harga paket wisata yang menarik akan lebih disukai seperti semakin banyak anggota yang ikut maka harga akan semakin murah.

Baca juga: Tugas Analisis Kasus Bisnis | Pembahasan Tugas 3 Perilaku Konsumen

Soal 2

2. Carilah sebuah produk yang menyasar dua siklus hidup keluarga yang berbeda ( mis penganting baru vs keluarga lanjut)! Carilah komunikasi pemasaran atau strategi pemasaran yang lain yang digunakan produk tersebut dalam menyasar dua kelompok ini! Deskripsikan perbedaan tersebut!

Jawab:

Contoh produk

Suplemen vitamin merk Blackmores

Blackmores merupakan salah satu merk vitamin populer belakangan ini. Produk ini menyasar dua siklus hidup yaitu pengantin baru dan keluarga lanjut.

Pengantin baru = telah menikah, umur<35 tahun.

Keluarga lanjut = suami istri umur > 65 tahun tanpa anak dirumah.

Blackmores memiliki berbagai produk vitamin yang dapat dikonsumsi oleh konsumen dalam 2 siklus hidup tersebut

Contohnya untuk pengantin baru dan hendak memiliki anak atau program hamil, bisa mengonsumsi Blackmores I-folic untuk mencukupi kebutuhan asam folat saat program hamil. Kemudian ketika sudah berhasil hami dan sedang mengandung sampai menyusui bisa mengonsumsi produk Blackmores Pregnancy & breastfeeding Gold.

Sedangkan untuk keluarga lanjut, dengan kategori usia yang bisa dikatakan sebagai lansia ada beberapa kebutuhan vitamin yang diperlukan seperti kalsium dan vitamin D. Maka dari itu keluarga lanjut dapat mengonsumsi vitamin Blackmores Total calcium + magnesium dan D3 untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi otot.

Selanjutnya komunikasi konsumen yang dilakukan oleh blackmores yaitu dengan kolaborasi bersama kalbefarma sebagai pengimpor produk melakukan berbagai pendekatan untuk mencukupi vitamin harian yg dibutuhkan oleh tubuh manusia disasarkan pada umur dan tujuan kesehatan yg ingin dicapai.

Selain itu blackmores juga melakukan celebrity endorse yang dilakukan pada platform instagram resminya.

Url instagram resmi blackmores :

Blackmores memilih celebrity atau influencer instagram yang tersegmen sesuai dengan usia serta kebutuhan sehingga produk yang dikirim kepada influencer/artis tersebut beda” sehingga dapat memperluas capaian target konsumen. Begitu halnya dengan sasaran konsumen dalam 2 siklus hidup diatas.

Tidak hanya di media instagram blackmores juga menyediakan website yang berisi info menarik dari setiap produknya serta artikel-artikel kesehatan yang bermanfaat.

Selain itu blackmores pernah melakukan campaign untuk menyasar wanifa pengantin baru yang sedang hamil atau yang sudah pernah melahirkan dengan acara Bunda Pas (peduli asupan sehat) yang dilaksanakan diberbagai kota.

Sumber:

Buku bmp perilaku konsumen

Nah itulah contoh soal dan jawaban diskusi perilaku konsumen yang pernah saya dapatkan semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar ya.

https://www.blackmores.co.id/article/kehamilan-dan-menyusui/acara-bunda-pas-peduli-asupan-sehat
https://core.ac.uk/download/pdf/230764142.pdf

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.