Jawaban Diskusi & Tugas UT

Tugas 3 Perilaku Konsumen UT

Halo pembaca setia blog aliviyakr. Kali ini saya akan membahas pengalaman mengerjakan tugas 3 perilaku Konsumen. Tugas 3 ini menurut saya tugas yang lumayan panjang jawabannya karena berkaitan dengan pandangan kita dalam menilai perilaku konsumen. Maka dari itu tidak perlu basa-basi langsung saja ke pembahasannya ya…

Soal 1 Tugas 3 Perilaku Konsumen

Sebuah perusahaan produsen perawatan kulit yang memproduksi krim pembersih wajah, pelembab wajah, tabir surya, foundation dan produk perawatan kulit lainnya menyasar kelompok usia remaja. (gunakan produk tabir surya sebagai produk yang akan diiklankan)

Bagian 1

Susunlah sebuah konsep komunikasi pemasaran dengan menggunakan selebriti sebagai endorser! Deskripsikan pesan yang akan disampaikan, Deskripsikan siapa selebriti yang akan digunakan dan jelaskan mengapa selebriti tersebut sesuai!

Jawab:

Nah pada bagian ini kita disuruh untuk membuat konsep komunikasi menggunakan selebriti sebagai endorser. Namun teman-teman bisa mengganti selebriti yang saya sebutkan dibawah ini dengan selebriti kesukaan teman-teman ya yang sesuai dengan kriteria soal.

Produk yang akan di iklankan yaitu produk tabir surya. Latar belakang dan pesan yang ingin disampaikan yaitu Indonesia meruapkan Negara khatulistiwa yang mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Sinar matahari sendiri memiliki dampak buruk pada kulit jika kita terlalu sering terpapar dibawahnya tanpa menggunakan produk tabir surya. Sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB dapat menyebabkan kulit kusam, bintik hitam, dan memunculkan tanda penuaan dini lebih cepat. Untuk mencegahnya dibutuhkan penggunaan produk tabir surya yang sesuai dengan keadaan kulit dan kebutuhan seperti seberapa lama intensitas kita dalam melakukan kegiatan outdoor. Semakin lama maka dibutuhkan produk tabir surya dengan kandungan SPF tinggi.

Pesan yang ingin disampaikan yaitu gunakan basic skincare dengan memasukkan produk tabir surya sebagai perawatan rutin untuk mencegah timbulnya bintik hitam, kulit kusam, dan munculnya tanda penuaan diri lebih cepat karena efek sinar matahari.

Selebriti yang akan saya pilih yaitu beauty enthusiast yang aktif di media Instagram dan sering melakukan review produk skincare dan make up A.N Agustine Gozali dalam instagramnya https://www.instagram.com/agustine.gozali/?hl=id

Pertimbangan pemilihan

Profile celebrity tersebut memiliki 100ribu followers aktif pada akun instagramnya. Meski terbilang masih sedikit tetapi konten dan design tampilan akun instagramnya cukup menarik. Selain itu setiap review yang diberikan menggunakan Bahasa yang baik dan informative, sebab review produk akan lebih bagus jika mencantumkan info deskripsi produk serta pengalaman menggunakannya sehingga dapat meyakinkan konsumen.

Pertimbangan lain yaitu banyaknya produk yang telah ia review merupakan kepercayaan brand kepada celebrity ini untuk menampilkan produknya melalui metode celebrity endorse. Selain itu Agustine gozali tidka hanya mereview produk buatan luar negeri tetapi juga banyak produk dalam negeri yang telah ia review sehingga profil selebgram ini cukup menjanjikan.

Bagian 2

Jelaskan faktor apa yang membuat konsumen tertarik untuk mengikuti selebrity tersebut!

Jawab:

Pada bagian ini teman-teman bisa melakukan penyesuaian dengan selebriti yang dipilih ya, mengapa memilih selebriti tersebut. Tentu saja dengan menggunakan pendekatan sebagai konsumen. Bayangkan teman-teman sebagai konsumen kalau melihat selebriti tersebut apa yang membuat tertarik.

Pertama factor visual
visual atau tampilan wajah Agustine Gozali cantik dan kulit wajah terlihat sehat sehingga merepresentasikan keadaan kulit yang terawat.

Faktor kejelasan informasi
informasi mengenai suatu produk yang ia review dalam akun instagramnya selalui diulas detail mulai kandungan manfaat dan pengalamannya menggunakan produk tersebut. Bahasa yang digunakan juga bagus dan tidak terkesan melebih-lebihkan.

Faktor style Makeup
Konsumen tertarik mengikuti selebgram ini karena style makeupnya sangat simple dan kearah Korean style yang saat ini sedang digemari banyak remaja. Faktor Interaksi
Selebgram agustine gozali sering berinteraksi dengan followersnya melalui kolom komentar maupun story Instagram sehingga dapat menaikkan engagement tampilan dan meningkatkan interaksi kedekatan dengan followers sehingga membuat pengikutnya merasa dekat dan dihargai. Serta banyak info menarik yang sering ia bagikan.

Soal 2 Tugas 3 Perilaku Konsumen

Seandainya anda ditugaskan untuk membuat iklan untuk shampo anti ketombe, dengan mengedepankan situasi konsumen sebagai daya tarik iklan tersebut.

bagian 1

a. Jelaskan bagaimana situasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen! Jelaskan dengan menggunakan contoh produk shampo anti ketombe!

Jawab:

Situasi diartikan sebagai pengaruh yang muncul dari factor-faktor yang terkait dengan waktu dan tempat yang tidak tergantung pada konsumen dan karakteristik objek. Situasi umumnya terkait dengan beberapa factor berikut yaitu lingkungan social, waktu, tujuan, dan suasana hati.

Contoh uraian dengan produk shampoo anti ketombe.

Shampoo anti ketombe merupakan shampoo dengan kemampuan khusus yang dapat menghilangkan masalah ketombe pada kulit kepala. Umumnya masalah ketombe yang tidak segera diatasi akan menyebabkan rambut rentan rontok dan kotor sehingga dapat mengurangi estetika tampilan.

Rambut sendiri meruapkan mahkota setiap orang sehingga kecantikan atau ketampanan juga dilihat dari kebersihan rambut dan kulit kepala serta kerapihan gaya rambut. Nah ketika kulit kepala mulai berketombe hal ini akan mengganggu sekali, apalagi ketombe yang kering dapat rontok pada baju dan menyebabkan serpihan-serpihan putih pada helai rambut sehingga menunjukkan kesan kotor.

Hal tersebut akan mempengaruhi situasi konsumen ketika ia sedang bertemu dengan orang lain tetapi tiba-tiba diwaktu tersebut ketombenya rontok dan menyebabkan suasanya hatinya yang gelisah karena takut di cap sebagai orang yang tidak pernah keramas atau mencuci rambut. Sangat jelas situasi konsumen dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli suatu produk. Ketika orang tersebut megalami hal yang tidak menyenangkan mengenai ketombe maka ia akan mencari solusi yang tepat setelahnya.

bagian 2

Susunlah sebuah konsep iklan shampo anti ketombe dengan menggunakan situasi konsumen yang memerlukan penggunaan shampo anti ketombe! Deskripsikan situasi yang akan dikomunikasikan pada iklan tersebut, dan mengapa pada situasi tersebut shampo anti ketombe yang Anda pasarkan dapat menjadi solusi!

Jawab:

Indonesia merupakan Negara dengan iklim panas karena letaknya pada garis khatulistiwa dan cuaca Indonesia cukup panas sepanjang tahun sehingga dapat menyebabkan kulit kepala mudah berminyak. Kelebihan produksi minyak ini akan menyebabkan munculnya ketombe yang berbaur dengan kotoran atau debu yang menempel pada kulit kepala.

Mayoritas masyarakat Indonesia terutama laki-laki akan mengekspose rambutnya lebih banyak dan perempuan yang tidak memakai hijab akan mengekspose rambutnya yang menjadikan rambut mereka mudah berketombe dalam situasi ini. Sehingga memerlukan shampoo dengan manfaat anti ketombe.

Pesan yang disampaikan yaitu percaya diri tampil dengan mengkspose rambut tanpa khawatir ketombe rontok. Seperti yang telah dilakukan oleh iklan shampoo clear anti ketombe bahwa tidak aka nada ketombe satupun yang menghalangi tampilanmu. (iklan dibintangi agnes monica). Selain itu para laki-laki yang suka melakukan olahraga outdoor juga kerap menjadi sasaran empuk untuk berketombe sehingga dibutuhkan shampoo anti ketombe khusus untuk target konsumen ini shampoo anti ketombe dengan kandungan mint atau lemon lebih cocok digunakan karena dapat menambah efek dingin pada kulit kepala yang akan membuat konsumen merasa fresh dan kulit kepala bersih dari ketombe.

Baca juga: Pembahasan diskusi Perilaku Konsumen

Soal 3 Tugas 3 Perilaku Konsumen

Sepasang suami istri yang baru saja menikah, berencana untuk membeli rumah tinggal. Mereka berniat untuk membeli rumah dengan cara mengangsur. Dengan menggunakan tahap-tahap pengambilan keputusan konsumen, jelaskanbeberapa hal sebagai berikut.

bagian 1

Termasuk tipe pengambilan keputusan yang manakan pembelian sebuah rumah tinggal! Jelaskan jawaban Anda.

Jawab:

Jenis-jenis tipe pengambilan keputusan dapat dilihat pada modul Perilaku Konsumen UT. Baca Modul digital Perilaku Konsumen disini.

Pembelian rumah tinggal merupakan keputusan Pemecahan masalah yang diperluas.

Tipe pengambilan keputusan pemecahan masalah yang diperluas merupakan metode yang digunakan konsumen ketika sebelum mempeli mereka akan mempertimbangkan banyak hal. Ada berbagai pertimbangan sebelum mereka benara-benar deal dengan keputusan tersebut. Salah satu contohnya yaitu dengan membeli rumah. Membeli rumah selain harganya mahal banyak pertimbangan sebelum melakukan pembelian ini seperti bagaimana cara pembayaran apakah cash keras, angsuran kpr, credit inhouse pada developer. Selain itu pertimbangan lokasi apakah rumah berada didalam gang atau didalam cluster apakah jalan akses bisa dilalui mobil atau hanya motor (biasanya didaerah Jakarta) serta apkah lokasi bebas banjir atau tidak. Dan yang paling penting harganya apakah masih berada pada budget atau overbudget.

  • Mau jawaban Lengkap Soal ke Email anda / mau bantu soal yang lain?
    jawaban ke email : klik Link dibawah ini > kontribusi > sertakan alamat email di deskripsi
  • Bantu jawab Soal lain : klik link dibawah ini > kontribusi (minimal 5ribu) > kirim soal tugas ke email aliviyakr12@gmail.com
bagian 2

Uraikan tahap-tahap proses pengambilan keputusan konsumen yang dilalui oleh pasangan suami istri tersebut!

Jawab:

Uraian tahap proses pengambilan keputusan konsumen yang dilalui pasangan suami istri tersebut yaitu

  1. Tahap pengenalan kebutuhan
    tahap ini merupakan tahap awal untuk menilai kebutuhan konsumen terhadap produk tersebut. Dalam kasus ini yaitu pasangan suami istri akan membeli rumah. Rumah memang menjadi kebutuhan hidup yang tidak bisa dipungkiri karena hal tsb masuk pada kebutuhan primer (sandang, pangan, papan) terlebih lagi pasangan suami istri nantinya akan memiliki anak dan berkembang menjadi keluaarga lengkap. Kepemilikan rumah akan memudahkan dalam membina rumah tangga dan lepas dari campur tangan mertua.
  2. Tahap pencarian informasi
    setelah psangan tersebut merasa yakin bahwa mereka membutuhkan rumah tinggal maka mereka akan melanjutkan untuk mencari informasi tetang penjualan rumah. Biasanya sumber informasi perumahan bisa didapatkan daari berbagai sumber seperti agen property, bank penyedia kpr dan perumahan seperti BTN, iklan media social, iklan pada banner perumahan yang biasanya ada di pinggir dan tengah jalan seperti yang kerap saya temui di daerah cibubur.

    dalam tahap ini biasanya mereka akan dihadapkan dengan konsep tempat tinggal yang harus dipilih yaitu rumah tapak (tanah) atau rusun seperti apartemen. Ketika mereka telah memilih salah satu diantaranya mereka dapat memperkecil pencarian sesuai kategori tersebut

  3. Tahap alternative
    pada tahap ini konsumen akan mengevaluasi pilihan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Sehingga ketika pasangan tersebut mendapati bahwa mereka lebih senang memiliki rumah tapak daripada apartemen, setelah pencarian ternyata harga rumah tapak pada daerah Dki Jakarta sudah mencapai Milyaran rupiah, adapun dibawah 1milyar maka lokasinya ada didaerah banjir ataupun akses hanya bisa dilalui motor. Alternative lain yang mereka miliki yaitu mengganti lokasi rumah idaman mereka pada kota pinggiran seperti Depok, Tangerang selatan, atau bogor.
  4. Tahap proses pembelian
    Pada tahap ini konsumen sudah memutuskan untuk memilih rumah pada lokasi tertentu dengan harga yang sesuai dengan budget mereka selanjutnya untuk proses konsumsi rumah dibutuhkan transaksi uang dalam jumlah besar.

    dalam kasus diatas pasangan suami istri tersebut melakukan pembayaran dengan angsuran (KPR) sehingga setelah mereka melakukan akad kredit dan menyelesaikan proses dokumen dan persyaratan lain mereka akan menapaki tahap konsumsi yang dimulai saat serah terima kunci rumah.
  5. Tahap konsumsi
    Seperti uraian sebelumnya bahwa proses konsumsi rumah atau tempat tinggal dimulai setelah proses serah terima kunci. Pada tahap ini mereka akan mulai pindah dan menetapi rumah tersebut dan mulai berinteraksi dengan tetangga dan melakukan aktivitas di lingkungan tersebut.
  • Tahap proses psca konsumsi
    Pada tahap ini akan dinilai kepuasan setelah melakukan keputusan pembelian rumah. Umumnya proses pembelian rumah dengan angsuran tidak membuat orang menyesal sebab harga perumahan selalu naik tiap tahunnya. Meski hal ini berjalan lurus dengan bunga cicilan yang dibayarkan tetapi kembali lagi lebih baik memiliki rumah saat ini.

    kepuasan ini terhjadi ketika barang dalam hal ini berfungsi melebihi harapan konsumen seperti, yang awalnya rumah tersebut masih berada pada daerah pinggiran Jakarta setelah penyelesaian proyek metode transportasi tertentu membuat haarga tanah ditempat tersebut naik dan banyak orang yang mulai melirik lokasi tersebut ketika harganya sudah naik lebih tingggi dari nilai kredit saat itu.

Namun konsumen juga dapat tidak puas ketika rumah tersebut yang awalnya diklaim bebas banjir tapi karena curah hujand an meluapkanya sungai disekitar membuat area rumah tersebut terendam banjir. Maka akan mengurangi kepuasan.

  • Tahap pembuangan
    Tahap terkahir yaitu tahap pembuagan. Tahap ini menjelaskan bahwa barang yang sudah tidak dipakai lagi dapat dijual atau diberikan kepada keluarga atau tetangga. Dalam kasus pasangan suami istri yang membeli rumah, sangat tidak mungkin rumah dibuang. Namun ada beberapa kemungkinan seperti dijual pada orang lain karena pasangan tersebut sudah melunasinya dan memiliki rejeki lebih untuk membeli rumah baru yang lebih besar, atau karena ada tuntutan situasi tertentu sehingga kredit rumah tersebut dialihkan kepada orang lain (yang membeli rumah tsb) konsep over credit.

Atau rumah tersebut diwarsikan pada anak-anaknya jika pasangan tersebut sudah tua nanti.

bagian 3

Jika Anda adalah pemasar untuk perusahaan properti, pesan komunikasi pemasaran seperti apa yang akan Anda gunakan untuk mempengaruhi konsumen tersebut agar membeli produk Anda! Jelaskan!

Jawab:

Jika saya seorang pemasar property pesan komunikasi yang saya gunakan kepada pembeli yaitu memberikan solusi terhadap keinginan mereka serta mencari alternative disamping keterbatasan mereka. Berdasarkan pengalaman saya. Saya telah 2x tertipu oleh pemasar property pertama ketika klaim lokasi rumah bebas banjir, tetapi saat saya survey lokasi kebetulan hujan deras dan lokasi rumah tersebut banjir selutut.

Kedua pemasar apartement yang mengatakan bahwa proses akad kredit dilakukan pada bulan xx. Tetapi sebelum bulan xx akan diadakan akad kredit dan dia mengatakan bahwa plafond kredit yang diajukan lebih rendah sehingga saya tidak bisa memiliki unit yang saya inginkan padahal saya sudah DP dan DP hangus.

Maka dari pengalaman saya ini pesan komunikasi yang dapat saya gunakan yaitu :

saya tidak akan mendorong konsumen untuk cepat-cepat deal, tetapi lebih menunjukkan solusi untuk kebutuhan dan keterbatasan mereka dengan alternative hunian yang saya pasarkan. Sebab biasanya konsumen yang merasa dirinya diberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keterbatasn mereka maka mereka akan menilai kita sebagai pemasar yang berbeda yaitu pemasar yang baik dan berintegritas tidak hanya berpacu pada target, sehingga dengan image baik ini diharapkan nantinya mereka akan memberikan rekomendasi kepada teman-teman atau keluarganya jika membutuhkan rumah maka akan merekomendasikan saya sebagai agen property yang mereka percayai.

Cukup panjang ya Tugas 3 Perilaku Konsumen kali ini, meskipun 3 soal tetapi mata kuliah ini menuntut kita untuk bernalar lebih jauh mengenai perilaku konsumen. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang belajar Mata Kuliah Perilaku Konsumen UT.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.