Jawaban Diskusi & Tugas UT

Pengalaman Mendapat Nilai E Universitas Terbuka

Kali ini saya akan membagikan pengalaman mendapat nilai E universitas terbuka. Jadi pengalaman ini saya bagi agar teman-teman yang lain bisa evaluasi diri kembali ketika mengalami hal yang sama dan tidak patah semangat untuk tetap belajar.

Awal Mula

Awal mula pengalaman mendapat nilai E ini sangat tidak terduga. Seperti biasa saya selalu mengerjakan diskusi tutorial online dan membaca modul, serta mengumpulkan tugas tepat waktu. Bahkan nilai tuton saya juga bagus-bagus. Bukan sombong memang kebanyakan mahasiswa bisa meraih nilai tuton min 70 paling jelek. Bahkan kecil kemungkinan dapat nilai jelek, kecuali kalo dosennya pelit atau terlalu perfeksionis. Saya pernah sekali mendapat nilai 20 pada jawaban tugas saya, karena saya tipe yang mudah kurang puas maka saya komplain. Tentunya komplain ini saya sampaikan dengan bahasa yang baik kepada dosen tsb.

Setelah itu saya perbaiki jawaban tugas saya yang beliau rasa kurang bagus, sampai beliau memberikan nilai yang lebih baik dari 20. Apakah anda duga hal ini mudah? tentu tidak dosen saya ini kalo mengajar offline pasti tipe killer yang banyak kemauan wkwkw, sampai 3x revisi saya baru dapat nilai 80 pada 1 tugas. Itupun beliau meninggalkan komentar yang kurang enak ya saya sih biasa aja yang penting sudah dikasih nilai 80. Rasio dosen baik dan dosen model killer ini beragam di UT. Serakan pada nasib saja. Tetaplah bersemangat.

Catatan Penting

Nah dari nilai tugas dan diskusi tuton ini nantinya akan membantu nilai UAS teman-teman. Hanya saja ada satu catatan yang harus teman-teman ketahui yaitu:

Nilai UAS harus memenuhi minimal 30% jawaban benar, atau kasarnya teman-tean harus bisa mencapai nilai 30 minimal agar nilai tuton (tugas dan diskusi) bisa mendukung nilai UAS.

Pengalaman saya yang beharga

Nah ini juga berlaku kalau teman-teman tidak mengikuti tuton sehingga teman-teman hanya mengikuti TMK (tugas mata kuliah) saja. Tentu mengikuti TMK akan lebih ringan karena hanya butuh mengerjakan tugas saja tanpa perlu ikut diskusi tuton. Sah-sah saja, tapi saran saya berusahalah menggapai nilai tugas min 75 agar peluang anda mendapat nilai E kecil, dan mendapat nilai bagus menjadi besar.

Baca juga: Cara mendapat nilai bagus di Universitas Terbuka

atau Cek Video Lengkap Pembahasan Pengalaman mendapat nilai E

Setelah anda menyelesaikan tuton atau TMK dengan nilai yang memuaskan selanjutnya berjuanglah saat UAS. Ingat teman-teman harus bisa mencapai nilai min 30 agar nilai tuton bisa mendukung nilai UAS. Kalau sistem ujiannya THE berikan jawaban yang berbobot, kalau sistem ujiannya offline pilihan ganda hitunglah kemampuan anda dengan memperkirakan jawaban yang teman-teman yakin benar harus min 30% dari total soal.

Kejadian Pengalaman mendapat nilai E UT

Pada bagian ini saya akan meceritakan bagian mengejutkan dari pengalaman saya. Pertama saya selalu mnegejar nilai tuton jangan sampai kurang dari 70. Rajin membaca modul dan aktif diskusi. Tibalah saat itu ujian Model THE (Take Home Exam). dari 6 matakuliah saya selesaikan dengan baik dan saya menjawabnya dengan pemikiran sendiri.

alangkah terkejutnya saat pengumuman nilai ada satu matakuliah saya mendapat nilai E. Mata kuliah saat itu yaitu Riset Operasi. Awalnya saya positif thingking mungkin belum keluar nilainya. Memang kalau nilai belum keluar hasilnya masih E, tetapi setelah saya tunggu hampir semingguan tidak ada perubahan. Kemudian saya tanya ke grup WA yang isinya mahasiswa UT dari berbagai jurusan dan semester. Kebanyakan jawabannya “kalau E berarti E mbak”.

Langsung mencelos hati saya berasa tertampar. Lalu saya bertanya-tanya mengapa kok saya dapat E ya. padahal Tuton nilai tugas bagus, diiskusi aktif, ikut ujian sudah. Lalu saya cek pengumuman daftar nama mahasiswa yang file jawaban THE nya corrupt juga tidak ada nama saya. Langsung tanpa ba-bi-bu yang ada pada pikiran saya yaitu bagaimana cara memperbaiki nilai E ini karena nilai E itu tidak lulus mata kuliah.

Cara memperbaiki nilai E

Ada dua cara memperbaiki nilai di Universitas Terbuka yaitu mengikuti ujian online ulang, kedua mengulang mata kuliah. Tentu saja saya memilih opsi pertama yaitu mengikuti ujian online ulang. Selain murah saya tidak perlu repot ngikutin tuton lagi. Hanya saja saya harus belajar lagi untuk persiapan ujian online ulang, sebab sistem ujian online ulang ini dilakukan ke tempat ujian dan modelnya pilihan ganda tentu harus menguasai materi. Oh iya keuntungan ikut ujian online ulang ini, nilai tuton pada semester saat itu masih bisa mendukung nilai ujian ulang asal jawaban Ujian Online Ulangnya bisa mencapai 30%.

Ujian online ulang ini membutuhkan biaya Rp. 150.000 per mata kuliah. Cara daftarnya melaui SIA UT. Klik Registrasi > Ujian Online > pilih jenis ujian: Ujian Online Ulang. Penting jenis ujiannya harus yang Ujian Online Ulang kalau teman-teman ingin memperbaiki nilai E. Soalnya yang Ujian Online registrasi itu jenis ujian yang digunakan untuk mengikuti ujian kalau sebelumnya teman-teman tidak ikut THE / UAS karena terhalang keperluan lain. Lalu masukkan UPBJJ UT tempat anda belajar > lalu pilih lokasi ujian yang terdekat. Selanjutnya pilih jadwal dan mata kuliah yang mendapat nilai E.

Jika anda sudah yakin ingin memperbaiki nilai E dengan metode ujian online ulang maka cepatlah mendaftar. Ujian Online ini memiliki jadwal dan kuota yang terbatas. Biasanya hanya 2 minggu dan tersedia 3 sesi setiap hari dg kuota terbatas. Jika tidak kebagian jadwal tentu opsi kedua lah yang harus ditempuh yaitu mengulang mata kuliah.

Video cara registrasi mata kuliah UT di sistem Admisi Sia UT terbaru

Penyebab nilai E

Berikut saya akan ceritakan poin-poin penyebab anda bisa mendapatkan nilai E. Pertama nilai UAS tidak mencapai 30%. Kalau tipe ujiannya pilihan ganda (sebelum pandemi) berarti jawaban anda yang benar kurang dari 30%. Apabila tipe ujiannya THE berarti jawaban anda dirasa kurang oleh tim penilai. Beberapa poin penting dalam jawaban THE yang perlu teman-teman ketahui.

Jawaban THE anda tidak relevan. Jawaban tidak relevan ini seperti jawaban yang melenceng dan tidak mengacu pada soal. Sehingga poin-poin pertanyaan pada soal tidak terjawab sempurna sehingga anda mnedapatkan nilai rendah pada soal tersebut. Untuk mengatasi hal ini anda perlu teliti untuk memahami konteks soalnya apa?

Seperti pengalaman saya saat menjawab tugas yang soalnya kurang lebih seperti ini “menurut anda teori apa yang sesuai dengan kejadian diatas”. Dalam soal tersebut menanyakan teori apa yang relevan dengan soal cerita yang sudah ada, dengan adanya kata menurut anda. Tentu ini menjadi jebakan, kalau soalnya menanyakan menurut anda tentu saya bisa dengan bebas mengemukakan teori yang mungkin relevan dengan kejadian pada soal menurut pendapat pribadi saya. Namun Penilai sebenarnya punya jawaban teori yang sudah fix jadi kalau jawaban anda tidak mendekati jawaban fix dari penilai maka nilai anda rendah.

Kalau pengalaman saya saat itu jawaban UAS THE yang dapat nilai E. Saya ternyata cara hitungnya salah. Jadi ada 3 soal dari soal 1 sampai 3 ini sistem hitungannya berkaitan sehingga jika dari nomer 1 jawaban saya salah maka semuanya salah. Benar saat saya dapat nilai E saya cek lagi file jawaban saya. Ternyata saya salah menggunakan rumusnya. jadi mau tidak mau harus menerima dna perbaiki.

Kemungkinan Plagiasi

Selanjutnya Jawaban THE anda terindikasi plagiasi. Tentu hal ini memang sangat tabu dilakukan apabila ingin copas jawaban teman saya sarankan minimal anda melakukan parafase. Lalu ada pendapat seperti ini ” lho kan kalau soal tertentu ada jawaban yang semua mahasiswa sama”. Saya paham situasi ini, sama persis seperti soal yang saya dapatkan pada THE semester 20211 ini. Contoh soalnya seperti ini “ Kemukakan 3 komponen nilai menurut Milton

Kalau anda telaah kembali tentu jawaban dari semua mahasiswa yang mendapatkan soal tersebut akan sama 3 komponen tersebut sama. Lalu bagaiman cara membuat perbedaannya. Jawaban saya tetap berpegang teguh pada tiru komponennya bedakan penjelasaannya. Ubahlah kalimat penjelasan dengan deskripsi sesuai bahasa anda sendiri dan tetap relevan sehingga tidak terdeteksi plagiasi.

Poin Kedua penyebab nilai E yaitu anda melanggar kebijakan UT seperti menggunakan Joki atau jasa serupa. Hanya saja ini tergantung anda pintar-pintar mengatur strategi saja menurut saya. Kalau anda menggunakan jasa tersebut jangan submit jawaban mentah-mentah koreksi lagi bisa saja jawaban dari jasa tsb tidak sesuai konteks atau ngawur. Kalau mata kuliahnya hitungan bisa saja salah rumus. kalau ada waktu luang evaluas kembali dan ubah jawabannya menggunakan bahasa anda sendiri. Tetapi hal ini tergantung teman-teman ya.

Poin Ketiga penyebab nilai E saat ujian THE yaitu file jawaban anda Corrupt atau rusak. Nah kalau ini yang terjadi maka anda harus input jawaban Ujian lagi. Jadi setelah selesai UAS THE anda tidak boleh lengah dan tetap cek pengumuman berkala. Biasanya pengumuman mengenai daftar nama mahasiswa yang file jawabannya corrupt ini ada pada sosial media UPBJJ UT setempat. Apabila nama anda tercantum maka perhatikan mekanisme untuk input ulang jangan sampai terlewat, jika kelewatan maka jawaban anda tidak terekam dan auto E.

Selain file Corrupt bisa saja anda salah mengisikan data diri atau dalam file jawaban THE ada bagian yang tidak terisi atau tidak lengkap. Maka saran saya perhatikan mekanisme file jawaban Ujian THE dan pastikan nama anda serta kode mata kuliah ujian saat itu benar.

Kesimpulan

Begitulah pengalaman saya saat mendapat nilai E saat kuliah di Universitas Terbuka. Pesan saya jika memang mendapat E, segeralah mencari cara untuk memperbaiki nilai tersebut. Kalaupun anda perlu penjelasan mengapa kok dapat nilai E. Anda bisa buka ticket aduan di Hallo UT kemudian pilih topik “Tidak Puas Nilai UAS”.

Cara Pengaduan Nilai E universitas terbuka

Isi setiap kolom sesuai dengan data anda dan uraikan kronologi mengapa bisa mendapat nilai E. Nantinya admin akan menjelasakan komponen apa saja yang kurang. Sehingga jawaban tersebut bisa anda jadikan bahan evaluasi kedepannya agar tidak mendapat nilai E lagi. Selain merepotkan nilai e ini bikin kecewa karena sudah mengerjakan tuton dan ujian malah dapat E. Saya saja jengkel tetapi apa daya kita harus tetap bangkit dan tetap harus semangat belajar. Semoga artikel Pengalaman mendapat nilai E UT ini bisa menjadi referensi teman-teman.

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.