Jawaban Diskusi & Tugas UT

Tugas 3 TAP 2022.2

Halo teman-teman, kali ini saya akan bahas tugas 3 TAP 2022.2 jadwal ujian TAP sudah dekat jangan lupa belajar dan perisapkan diri. saya beri tips, TAP manajemen diperbolehkan membawa ringkasan materi atau open book dan membawa kalkulator sains. ingat! Kalkulator sains bukan kalkulator HP. Belajarlah masih ada waktu dan semangat.

Soal 1 Tugas 3 TAP 2022.2

PT. SURYA RASA

PT. Surya Rasa adalah perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. PT. Surya Rasa  resmi  didaftarkan pada tanggal 17 Juli 1974 oleh Bapak Soegiharto Kartodjojo, yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung KM. 28 kelurahan Medan Satria Bekasi. Pada tahun 1940, keluarga Kartodjojo memulai usahanya di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merek Teh Cap Botol. Sejak saat itu, berbagai usaha promosi untuk memperkenalkan produk telah dilakukan, antara lain dengan melakukan strategi Cicip Rasa yakni  mendatangi pusat-pusat keramaian lalu memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Cara lain juga pernah dilakukan yaitu dengan menempatkan teh ke dalam panci-panci besar dan dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Namun, berbagai cara promosi tersbut tidak menunjukkan hasil yang signifikan terhadap tingkat pemasaran. Akhirnya secara tidak disengaja, ditemukan ide untuk membawa teh yang telah diseduh di kantor dan dikemas kedalam botol bekas kecap atau limun yang sudah dibersihkan. Pada tahun 1969, muncul gagasan untuk menjual teh siap minum atau ready to drink tea dalam kemasan botol dengan nama Tehbotol Surya. Merek ini telah menjadi merek no. 1 teh kemasan di Indonesia hingga saat ini.

            Sampai saat ini PT. Surya Rasa sudah mempunyai 14 pabrik yang tersebar diseluruh Indonesia yakni, di Medan, Palembang, Pandeglang, Jakarta, Tambun, Cibitung, Ungaran, Gresik, Mojokerto, dan Gianyar. Produk unggulan PT. Surya Rasa adalah Tehbotol Surya yaitu produk minuman teh yang dikemas dalam botol kaca. Seiring dengan semakin gencarnya kampanye ”Go Green”, perusahaan mengeluarkan satu produk yang dikemas dalam kemasan ramah lingkungan. Kemasan ini berbahan dasar kertas yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tahan air. Kemasan tersebut juga mudah diurai oleh bakteri penghancur sehingga tidak merusak lingkungan. Produk baru tersebut diberi merek “Tehbotol Surya Go Green” dan mulai diluncurkan akhir tahun 2017. Saat ini, produk “Tehbotol Surya Go Green” berada pada tahap dimana produsen mulai memperkenalkan adanya produk tersebut kepada konsumen. Pada tahap ini, penjualan masih belum melonjak dikarenakan banyak konsumen yang belum menyadari akan ketersediaan produk tersebut. Pesaing juga belum mulai memasuki pasar, sehingga perusahaan berkonsentrasi untuk meningkatkan penjualan. Untuk mendongkrak penjualan, perusahaan melakukan promosi gencar melalui media televisi, majalah, koran, dan secara online. Untuk menarik minat konsumen, strategi yang dipilih perusahaan adalah dengan membuat kemasan kecil 150 ml yang pas untuk sekali minum dan mudah dibawa. Dengan demikian, harga yang ditawarkan pun cukup murah.

            Perusahaan memprediksi produk “Tehbotol Surya Go Green” akan mengalami tingkat penjualan yang menjanjikan seiring dengan semakin tingginya tingkat kesadaran konsumen terhadap produk yang ramah lingkungan. Saat ini, perusahaan menggunakan jasa perusahaan lain untuk memproduksi kemasan produk “Tehbotol Surya Go Green”. Perusahaan berencana untuk membuat sendiri kemasan tersebut yang membutuhkan satu mesin khusus. Untuk itu, perusahaan tengah mempertimbangkan pembelian mesin dari dua perusahaan yang berasal dari luar negeri, yaitu dari China dan dari Jepang. Perusahaan dari China adalah menawarkan mesin dengan merek “Chi Lung” dan perusahaan dari Jepang menawarkan mesin dengan merek “Osana”. Harga mesin “Chi Lung” adalah Rp11 M dan harga mesin “Osana” adalah Rp18 M. Walaupun harga mesin “Osana” lebih mahal, namun mesin “Osana” mampu menghasilkan kas masuk bersih yang lebih besar daripada mesin “Chi Lung” yaitu sebesar Rp3,2 M per tahun. Sedangkan mesin “Chi Lung” hanya mampu menghasilkan kas bersih sebesar Rp1,2 M per tahun. Terkait dengan rencana pembelian mesin pembuat kemasan tersebut, perusahaan juga tengah melakukan penilaian pembelian bahan baku yang dibutuhkan. Perusahaan memperkirakan bahan baku utama yang diperlukan untuk membuat kemasan Go Green adalah sebanyak 50.000 unit setiap tahun dengan biaya pemesanan sebesar Rp200.000 setiap kali pesan dan biaya penyimpanan sebesar Rp2.000 per unit.

             Untuk mempersiapkan SDM yang akan menangani mesin baru tersebut, perusahaan berencana untuk merekrut orang-orang terbaik karena mesin tersebut memerlukan penanganan yang khusus. Perusahaan merencanakan untuk melakukan rekruitmen dengan mencari tenaga kerja yang berasal dari dalam perusahaan pada level yang sama dengan persyaratan utama memiliki kinerja yang baik selama ini. Tingkat pendidikan dan usia tidak menjadi syarat utama, asalkan memiliki catatan kepersonaliaan yang baik. Penanganan mesin baru ini memerlukan tenaga yang terampil karena mesin akan dilakukan berdasarkan perintah komputer. Untuk mempersiapkan operator mesin tersebut, maka operator mesin baru akan dilatih terlebih dahulu dalam hal pemrograman komputer agar mesin mampu bekerja secara otomatis. Dengan demikian, keterampilan mereka akan ditingkatkan agar mampu menangani mesin yang bekerja secara otomatis. Selain loyalitas mereka sudah teruji, perusahaan menilai bahwa tenaga kerja yang sudah ada saat ini sudah mengetahui filosofi dan tujuan perusahaan, sehingga akan lebih mudah untuk memberi pelatihan-pelatihan baru.

Soal Tugas 3 TAP 2022.2
  1. a) Jelaskan jenis sumber karyawan yang digunakan oleh PT. Surya Rasa untuk rekruitmen operator mesin baru! Jelaskan jawaban Saudara!

Jawab :

pahami bacaan diatas, untuk menjawab soal tipe / jenis sumber rekrutan karyawan jawabannya cuman ada kemungkinan yaitu internal dan eksternal, silahkan baca uraian diatas dan temukan sumber rekrutmen PT. surya rasa tersebut.

Jelaskan cara pengisian lowongan jabatan operator mesin baru berdasarkan sumber karyawan yang telah Anda pilih tersebut. Jelaskan jawaban Anda!

Jawab :

oke soal ini masih berhubungan dengan soal sebelumnya, cara pengisian lowongan ini berhubungan dengan sumber perekrutannya. Sebut saja nomer 1 jawabannya sumber internal. maka sumber internal ini memiliki 3 jenis cara pengisian lowongan yaitu transfer, promosi, dan upgrading. dari 3 jenis ini mana yang sesuai dengan keadaan pt surya?

  1. Analisislah jumlah pembelian paling optimal dengan metode EOQ untuk bahan baku utama kemasan Go Green!

Jawab :

Diketahui :

D (kebutuhan barang dalam setahun) sebanyak 50.000 unit setiap tahun

S biaya pemesanan sebesar Rp200.000 setiap kali pesan

H biaya penyimpanan sebesar Rp2.000 per unit.

Jawab :

Keterangan

Q = jumlah optimal dalam setiap pemesanan

S= biaya pemesanan per satu kali pesan

D = kebutuhan barang dalam satu tahun

H = biaya penyimpanan per unit

masukkan angka ke dalam rumus selesai.

baca juga : Tugas 3 Pa akuntansi

Lalu untuk mendapatkan berapa kali pemesanan yang harus dilakukan dalam satu tahun yaitu sebagai berikut

N = Pesanan per tahun
D = kebutuhan / permintaan barang dalam 1 tahun
Q* = hasil perhitungan EOQ

  • Jawaban ini belum lengkap ! Mau jawaban Lengkap Soal ke Email anda / mau bantu soal yang lain?
    jawaban ke email : klik Link dibawah ini > kontribusi > sertakan alamat email di deskripsi
  • Bantu jawab Soal lain : klik link dibawah ini > kontribusi(min 20 ribu) > kirim soal tugas ke email aliviyakr12@gmail.com

  1. Tentukan pembelian mesin yang manakah yang lebih menguntungkan dengan menggunakan metode payback period! Uraikan jawaban Saudara!

Jawab :

Rumus payback period  Payback period = Nilai Investasi : Kas Masuk Bersih

sumber:

Buku BMP Manajemen keuangan

Buku BMP Manajemen SDM

Buku BMP Manajemen Operasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.