Jawaban Diskusi & Tugas UT

Tugas Pemasaran Jasa UT

Halo teman-teman, kali ini saya akan bahas Tugas Pemasaran Jasa UT. Tugas ini di minggu ke 3 ya dan soal-soalnya singkat padat dan jelas. berikut pembahasan Tugas Pemasaran Jasa UT :

Soal 1 – Tugas Pemasaran Jasa UT

  1. Jelaskan 2 macam agen dalam saluran distribusi jasa!

Jawab:

Agen bisa disebut sebagai perantara yang bertindak atas nama perusahaan induk dan memiliki wewenang untuk membuat perjanjian antara konsumen dan perusahaan induk. Agen memang tidak memegang kepemilikan tetapi memiliki hak untuk menyajikan jasa serta memiliki otoriras legal dalam pemasaran jasa dan melakukan fungsi pemasaran lain.

Terdapat 2 macam agen dalam saluran distribusi jasa yaitu:

  • Agen penjualan : memiliki otoritas kontraktual untuk menjualkan output jasa perusahaan induk. Penunjukan agen penjualan karna agen penjualan memiliki pengetahuan mengenai pasar lebih baik daripada perusahaan induk serta dapat mempengaruhi harga dan persyaratan penjualan lainnya.
  • Agen pembelian : umumnya¬† agen penjualan disewa oleh perusahaan induk untuk memfasilitasi proses pemasaran dalam bentuk dukungan finansial, keahlian dan pengambilan resiko dan transportasi. Contoh: agen pembelian property.

baca juga : tugas pemasaran strategik

Soal 2 – Tugas Pemasaran Jasa UT

  1. Jelaskan strategi penetapan harga menggunakan metode tripod!

Harga merupakan variable marketing mix tradisional yang menghasilkan pendapatan dan paling fleksibel ketika terjadi perubahan. Penentuan harga pada jasa tidak dapat disamakan dengan penetuan produk yang bersifat tangible. Harga jasa bisa berbntuk fee, sewa, tariff dan bunga.

Strategi penetapan harga menggunakan metode triood aalah strategi penetuan harga yang diusung oleh Lovelock dan Writz. Metode tripod merupakan strategi penentuan harga yang didasarkan pada 3 hal yaitu persaingan, biaya dan nilai. Biaya menjadi tumpuan terhadap harga yang dikenakan pada produk/jasa, kemudian nilai yang ditawarkan kepada konsumen menjadi factor penyangga lain yang nantinya mempertimbangkan harga pesaing.

  • Penetapa harga berdasar biaya berkaitna dengan harga yang dikenakan dan biaya produksi, penyerahan dan pemasaran.
  • Peneatpan harga berdasarkan persaingan berkaitan dengan harga yang dikenakan oleh competitor. Proses pembandingan harga dg competitor ini biasanya dilakuakn oleh konsumen sebagai perbandingan.
  • Penetapan harga berdasar nilai merupakan penetapan harga yang mengacu pada berapa harga yang ingin dibayar oleh konsumen dengan nilai yang mereka yakini.

Soal 3 – Tugas Pemasaran Jasa UT

  1. Jelaskan tujuan dari sebuah periklanan!

Jawab:

Periklanan merupakan salah satu metode komunikasi massa yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan suatu jasa. Tujuan dari periklanan yitu membuat target konsumen menaruh perhatian terhadap service offering/penaawaran jasa yang meliputi dimana produk jasa diperoleh, berapa besar uang / berapa harga yang harus dibayarkan dana pa keunggulan jasa tsb disbanding jasa dari pesaing.

Periklanan merupakan segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa scara non personal. Hasil akhir yang ingin didapat dari periklanan ini bisa beragam setiap perusahaan sebab tujuan periklanan selain sebagai media komunikasi juga didukung dengan misi perusahaan seperti peningkatan pendapatan, peningkatan penjualan, atau menaikkan brand awareness.

  • Mau jawaban Lengkap Soal ke Email anda / mau bantu soal yang lain?
    jawaban ke email : klik Link dibawah ini > kontribusi > sertakan alamat email di deskripsi
  • Bantu jawab Soal lain : klik link dibawah ini > kontribusi(min 15 ribu) > kirim soal tugas ke email aliviyakr12@gmail.com

Soal 4 – Tugas Pemasaran Jasa UT

  1. Jelaskan peran penting Sumber Daya Manusia dalam perusahaan jasa!

Jawab:

Kesuksesan perusahaan jasa sangat tergantung pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa. Sebab sumberdaya manusia ini yang akan terlibat langsung dengan konsumen, apabila penyedia jasa ingin mencapai hasil yang optimal maka harus optimal pula dalam mengola SDM agar tidak terjadi permasalahan yang berkaitan dengan SDM.

Peran penting sumber daya manusia dalam perusahaan jasa dapat dibedakan menajdi empat kelompok sesuai dengan cara pengelolaannya menurut (Payne, 1983):

  • Contractors merupakan SDM yang berhubungan secara intens dengan konsumen dan meilih aktivitas pemasaran secara konvensional.  Mereka memiliki posisi dalam penjualan dan peran sebagai customer service, sehingga SDM dalam peran ini membutuhkan pelatihan, persiapan dan motivasi untuk melayani konsumen.
  • Modifier merupakan SDMyang tidak terlibat secar alangsung dalam aktivitas pemasaran, kontak dengan konsumen hanya sesekali saja. Peran ini penting, mereka harus memiliki pandangan tentang strategi pemasaran jasa perusahaan.
  • Inflencer merupakan SDM yang berperan dalam impelemntasi dari strategi pemasaran perusahaan. Tugas influencer mencakup pengadaan riset dan pengembangan, serta memiliki kemampuan untuk menarik konsumen melalui hasil yang diperolehnya.
  • Isolateds merupakan sdm yang sulit berhasil apabila tidak mendapat dukungan dari manajemen untuk memotivasi mereka.
  1. Jelaskan bagaimana langkah-langkah dalam membuat blueprint service

Jawab:

Cetak biru jasa atau blueprint service merupakan  suatu gambar/peta yang menggambarkan secara akurat sebuat system jasa sehingga ondividu yang terlibat di dalam poenyediaan jasa dapat memahami system dengan baik.

Terdapat komponen dari cetak biru ini yaitu

  1. Customer action yang memeprlihatkan urutan, aktivitasm dan interaksi yang dihadapi konsumen dalam proses pembelian, menikmati dan evaluasi
  2. Onstage contact employee action merupakan langkaj dan aktivitas karyawan yang berinteraksi dengan konsumen dan dapat dilihat oleh konsumen.
  3. Backstage contact employee action merupakan aktivitas yang dilakukan karyawan dibelakang layar untuk mendukung operasional
  4. Support process merupakan langkah internal untuk mendukung contact employees dalam menyampaikan jasa

Sedabgkan tahap atau langkah langkah membuat blue print service yaitu sbb:

  1. Tahap 1 identfuikasi proses yang akan dibuat blueprintnya
  2. Identifikasi konsumen atau segmen konsumen yang dituju
  3. Petakan proses dari sudut pandang konsumen
  4. Petakan kontak tindakan karyawan dan penggunaan teknologi
  5. Hubungkan aktivitas yang diperlukan untuk mendukung fungsi
  6. Tambahkan fasilitas pelayanan pada setiap langkah kegiatan konsumen.

Sumber : Buku BMP Pemasaran Jasa EKMA4568

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.