Jawaban Diskusi & Tugas UT

Tugas Ekonomi Manajerial – UT

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman menjawab soal Tugas Ekonomi manajerial UT. pada tugas 1 yang saya dapatkan pada minggu ketiga cukup lumayan menantang. Terdapat 3 soal yang menggabungkan jawaban penalaran dan hitungan.

Tugas ekonomi manajerial UT ini termasuk tugas yang memang lumayan berat sebab tugas ini menggabungkan ilmu ekonomi dan pertimbangan manajerial agar suatu perusahaan dapat berjalan sesuai dengan teori ekonomi yang menguntungkan.

  1. Dalam meningkatkan nilai perusahaan dilakukan dengan cara memaksimukan keuntungan secara berkesinambungan. Perusahaan tentu dapat memaksimumkan pendapatan dengan menghadapi kendala biayan dengan meminimkan pembiayaan terkait. Prinsip ekonomis untuk memperoleh keuntungan maksimal yaitu ketika memenuhi keadaan MR=MC.  Jelaskan maksud dari prinsip tersebut? Dan Jelaskan juga ketika kondisi MR > MC dan MR < MC.

bagaimana keputusan yang diambil oleh perusahaan agar memperoleh keuntungan yang maksimum!

Jawab:

MR=MC

MR atau marginal Revenue merupakan tingkat perubahan pendapatan total yang berhubungan dengan jumlah produk terjual. MC atau Marginal cost merupakan tingka perubahan biaya total seiring degan berubahnya tingkat quantitas. Dalam konsep laba maksimum tentu jumlah total pendapatan dalam MR harus sama dengan MC (marginal cost).

Kurva MR dan MC merupakan turunan dari dari total cost dan total revenue sehingga apabila kedua nilai tersebut sama maka laba akan maksimum.

MR > MC pada keadaan ini nilai marginal Revenue lebih besar dari nilai marginal cost sehingga untuk menghasilkan laba maksimum (memenuhi konsep MR=MC) maka produsen haru meningkatkan jumlah output.

Sedangkan MR<MC merupakan keadaan sebaliknya yaitu Marginal revenue lebih kecil dari marginal cost sehingga untuk memaksimalkan profit produsen harus mengurangi jumlah output untuk mencapai MR=MC

  • Konsumen dalam mengoptimalkan tingkat kepuasan yang menghasil permintaan individual, dengan akumulasi dari permintaan individual ini menjadi permintaan pasar. Karakteristik permintaan pasar sifatnya adalah elastisistas, jelaskan apa yang kalian pahami mengenai konsep elastistas kaitanya dengan permintaan suatu barang!

Jawab:

Karakteristik pasar bersifat elastis berikut beberapa tipe elastisitas yang berkaitan dengan permintaan barang.

Produk Elastis, Inelastis, Elastisitas Silang.

Elastisitas memiliki definisi sebagai persentase perubahan kuantitas yang diminta konsumen sebagai akibat dari perubahan nilai salah satu variabel (biasnaya variabel harga) yang menentukan permintaan pasar sebesar 1%

Gambar

Hal-hal yang mempengaruhi tingkat elastisitas barang yaitu

1. Tersedianya barang subtitusi

2. Kebutuhan dan barang mewah

3. Pasar

4 .Rentang waktu

Permintaan yang elastis memiliki ciri nilai persentasi elastisitas yang lebih besar dari 1 (Ed>1) maka masyarakat atau konsumen peka terhadap perubahan harga sehingga apabila haarga barang turun maka permintaan naik, apabila harga barang naik maka permintaan turun. Hal ini terjadi karena jenis barang yang masuk kategori elastis umumnya merupakan barang yang memiliki subtitusi atau pengganti. Contoh barang elektronik.

Permintaan Inelastis ditandia dengan nilai persentasi elastisitas yang kurang dari 1 (ed<1) maka masyarakat atau konsumen tidak peka terhadap perubahan harga sehingga baik harag turun atau naik masyarakat akan tetap membeli produk tersebut. Contoh produk yang bersifat inelastis seperti kebutuhan pangan rumha tangga seperti beras. Mesi harga beras naik masyarakat akan tetap membelinya.

Sedangkan Elastisitas silang memiliki artian sebagai hubungan langsung antara harga suatu barang dengan kuantitas barnag lainnya yang dibeli terjadi untuk semua produk yang bisa saling menggantikan. Elastisitas silang terhadap produk substitutif (saling menggantikan) bernilai positif karena harga suatu barang dan permintaan akan barang lainnya bergerak kearah yg sama yaitu kenaikan harga suatu barang akan menaikkan permintaan terhadap produk lain.

Sedangkan elastisitas silang terhadap barnang komplementer (barang yang saling melengkapi) bernilai negatif karena harga dan kuantitas bergerak berlawanan.

  • Perhatikan baik baik matrik dari tabel berikut ini:

Jam            MPL    P          VMPL W

1                0,41     100      41        24

2                0,32     100      32        24

3                0,27     100      27        24

4                0,24     100      24        24

5                0,01     100      1          24

Kemudian Hitung nilai Π1 dan Π1 kumulatif, serta pada jam ke berapakah keuntungan kumulatif itu terjadi? Mengapa demikian! Berikan penjelasan

Hasil hitungan :

Jam            Q         MPL    P          VMPL W     Profit (VMPL-W)

1                0,41     0,41     100      41        24        17

2                0,73     0,32     100      32         24       8

3                1,00     0,27     100      27        24        3

4                1,24     0,24     100      24        24        0

5                1,25     0,01     100      1          24        -23

Pada jam berapa keuntungan kumulatif terjadi ?

jawab:

Pada jam Ke-4 ketika nilai VMPL = W           

Mengapa demikian?

Penjelasan yang saya sampikan :

soal merupakan model hitungan pasar permintaan tenaga kerja. Pada dasarnya permintaan tenaga kerja ada sebab adanya kebutuhan untuk tenaga kerja. MPL merupakan marginal product of labor yang berarti penambahan jumlah output yang dihasilkan setiap penambahan tenaga kerja. P = harga output/unit, sedangkan VMPL merupakan tambahan pendapatan yang didapatkan dari setiap tambahan unit input. VMPL juga umumnya dikenal sebagai marginal revenue product atau MRP.

Secara tidak langsung VMPL menunjukkan kurva permintaan tenaga kerja dan W merupakan tingkat upah. Maka keuntungan maksimal terjadi ketika keadaan VMPL = W terpenuhi.

Baca juga : Tugas Manajemen Operasi Jasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.