Jawaban Diskusi & Tugas UT

TIPS Mengerjakan Karil UT

Halo teman-teman kembali lagi dengan saya aliviya, kali ini saya akan bagikan TIPS Mengerjakan Karil UT. Saya tulis konten ini setelah lulus mengerjakan karil. Karil atau Karya ilmiah ini menjadi salah satu syarat wajib kelulusan di Universitas Terbuka bersama TAP. Jadi kalau kalian sudah waktunya mendapatkan TAP berarti kalian juga harus mengerjakan Karil, umumnya TAP dan Karil ini jadi 1 di semester 7 untuk mahasiswa SIPAS.

Mengerjakan Karil ini susah-susah gampang ya teman-teman karena menurut saya tantangan terberat dalam mengerjakan karil ini adalah mengumpulkan data penelitian. Seperti yang saya alami saat itu saya memang membuat karil penelitian dengan data primer dan sekunder (telaah pustaka) hanya saja saya sangat kesulitan dalam mengumpulkan data primernya karena saya gak mempersiapkan dari jauh-jauh hari, ingat durasi mengerjakan Karil ini hanya 8 sesi kuliah alias hanya 8 minggu.

Saya sendiri memang melakukan penelitian yang agak susah untuk mencari datanya karena suatu hal nanti saya ceritakan dibawah ya. Jadinya saya mengubah metode pengolahan data yang awalnya saya mau penelitian kuantitatif akhirnya saya belok ke kualitatif.

Ketentuan TIPS mengerjakan Karil UT

Karil atau karya ilmiah di UT ini bukan skripsi ya, jadi lebih seperti membuat jurnal ilmiah. Jumlah halamannya juga hanya sedikit maks 12 lembar. Jadi isinya lebih padat. secara umum ketentuan pembuatan karil Selengkapnya bisa cek Panduan Karil UT silahkan download panduan karil sesuai fakultas kalian ya. Nah karena saya dari Fakultas ekonomi saya akan jelaskan sedikit dibawah ini.

Oke, setelah kalian download. kalian akan membuka file yang seperti ini

panduan karil UT

Nah sesuai dengan panduan tsb. Karil ini diketik dalam ukuran kertas A4, spasi 1,5 , maks halaman 10-12 lembar kecuali fmipa boleh 15 lembar. File dibuat dengan Ms word dan disimpan dengan ekstensi Doc, Docx atau Pdf. Kalian juga harus membuat abstrak dari penelitian karil tsb nah penjelasan dari apa yang harus kalian buat sudah sangat jelas ada di file tersebut. Tetapi saya akan bantu menjelaskan perbagiannya dengan lebih singkat.

Note : Kalian harus download file diatas dulu ya biar bisa nyambung dengan artikel ini.

Nah kalau kalian cermat dalam panduan tersebut pada point nomer 3 dan 4 ada perbedaan format susunan penulisan Karil Berdasarkan jenis karil yang akan kalian buat. Nomer 3 adalah format untuk karil yang murni melakukan penelitian, dan Nomer 4 adalah format karil untuk Karil yang berupa gagasan. Saya kemarin membuat karil Penelitian.

Perbedaan Karil Penelitian dan Karil Gagasan

Oke sebelum pembahasannya lebih jauh kalian harus memilih salah satu akan membuat karil penelitian dan karil gagasan. Karil Penelitian merupakan karil yang memuat hasil penelitian jadi kalau kalian memilih karil penelitian kalian harus melakukan penelitian mengenai topik atau judul masalah yang akan kalian angkat. Karil penelitian mengharuskan kalian cari data untuk diolah dari permasalahan yang diangkat. Contoh Penerapan Average Down Method terhadap pembelian saham ketika masa pandemi (judul ini cocok untuk manajemen keuangan) nah kalian harus cari data apakah metode average down ini memiliki dampak positif ketika diterapkan saat investasi saham saat pandemi. Kalian harus mencari responden yang nantinya akan jadi sample penelitian yang sesuai dengan kriteria tsb, seperti seseorang yang melakukan investasi saat pandemi dg rentang waktu 1 tahun kebelakang, dan melakukan metode average down.

Karil gagasan merupakan karil yang didalamnya mengutarakan konsep atau gagasan atas suatu masalah yang terjadi yang nantinya gagasan tsb bisa menjadi solusi untuk masalah yang ada. Jadi karil gagasan ini umumnya tidak menuntut mengumpulkan data secara langsung tapi bisa hanya dengan mencari pendapat-pendapat dan data pendukung. contoh karil gagasan : Penerapan Multi channel Single Phase pada restoran Mie GaC04n untuk mengurangi penumpukan antrian. Seperti kita ketahui resto mie murah hypeabis ini sangat sering ramai bahkan antriannya mengular panjang walau tidak dalam jam sibuk, bayangkan jika hal ini terjadi, maka berpotensi mengurangi minat pembeli kecuali memang sengaja dibuat seperti itu untuk tujuan marketing. Maka bagiamana solusi agar poin peningkatan penjualan terpenuhi dam kenyamanan dan jeda waktu tunggu bisa diminimalkan apakah dengan menambah karyawan atau dengan modifikasi sistem antrian. Disinilah ide/gagasan bisa diangkat.

Pemilihan Judul TIPS Mengerjakan Karil UT

Setelah mengetahui perbedaan karil, kalian harus memilih salah satu dan nantinya menentukan judul. Pemilihan judul dalam mengerjakan karil ini juga sangat penting, karena dalam judul ini kalian mau melakukan apa dan bagaimana. TIPS menentukan judul, yaitu buatlah judul yang mengandung solusi dan permasalahan yang diangkat. Pilih judul penelitian / gagasan karil yang permasalahannya paling dekat dengan kalian. Nantinya agar mudah dalam mengumpulkan data. Kalian juga akan menguasai materi yang akan dibahas dan berkaitan dengan jurusan yang kalian ambil

Saran saya jika kalian jurusan manajemen dan sedang bekerja. Baik pada sebuah instansi atau pabrik atau kantor maupun freelance. Carilah masalah pekerjaan apa sih yang menarik untuk Karil kalian. Dalam kehidupan sehari-hari misal belum bekerja. Bagaimana ya caranya agar masa kuliah sebelum bekerja bisa produktif. Apakah mengikuti workshop / magang terbukti bagus untuk personal banding maupun menonjolkan CV.

Bisa juga dari keresahan seperti, apakah melakukan gagal bayar pada pinjaman online akan berdampak signifikan dalam kehidupan, aspek apa yang terpengaruh. (ini penelitian yang saya angkat kemarin). Mengapa saya sarankan permasalahan yang dekat dengan kedihupan? karena ini akan memudahkan kalian mencari responden dan melengkapi data penelitian jika kalian memilih karil penelitian.

Perhatikan susunan penulisan KARIL

Penulisan karil umumnya akan dikasih tahu saat tuton karil. Jadi kalian harus serius pada saat tuton Karil. Agar dapat membuat karil dengan mudah, selain itu kalian juga bisa baca kembali panduan karil diatas karena disana sangat lengkap penjelasannya. Kalau masih bingung, kalian juga bisa cek contoh karil di google maupun di website jurnal UT. Berikut saya akan lampiirkan penyusunan karil untuk karil penelitian seperti yang saya buat kemarin bisa lihat disini ya.

Paling penting karena karil ini hanya maks 12 lembar, jangan terlalu banyak membuat latar belakang, padatkan saja. Latar belakang ini isinya alasan kenapa judul itu kalian pilih, kalian bisa jelaskan dari pendekatan umum – khusus ataupun khusus – umum. Saya sendiri latar belakang hanya 6 paragraf saya padatkan dan pada akhir paragraf latar belakang saya tekankan alasan mengapa tertarik membahas masalah tsb.

Penulisan Abstrak, sebenernya penulisan abstrak ini mudah saja. Abstrak ini ibarat ringkasan dari isi penelitian kalian, jadi lebih baik bikin abstraknya setelah selesai semua saja. Selain itu setelah abstrak ini harus ada kata kunci, tuliskan kata kunci penelitian kalian maks 5 kata kunci aja. Saya kemarin hanya buat 4 kata kunci saja. Oh iya kalau kalian butuh penjelasan lebih lanjut, kalian bisa kontak saya di twitter ya. Klik icon twitter di website ini.

baca juga : Tips Mengerjakan TAP UT Manajemen

Perhatikan Plagiarisme TIPS Mengerjakan Karil UT

Setelah memahami tata penulisan kalian akan melakukan pembahasan dari awal hingga akhir karil. Nah tulisan kalian dalam karil itu harus bebas plagiasi atau tidak boleh copas plek ketiplek dari sumber internet. Jadi selain melakukan penulisan karil dengan bahasa sendiri kalian juga harus melakukan parafase terhadap kutipan-kutipan yang kalian gunakan dalam karil tsb. Plagiarisme ini adalah harga mati untuk Karil UT. Pada Panduan tidak dijelaskan berapa persen plagiarisme bisa diterima karena bagaimana pun pasti ada aja yg kedeteksi plagiat meskipun kita sudah pakai bahasa sendiri.

Kalian bisa tanyakan batas toleransi plagiarisme ke dosen pembimbing di tuton Karil kalian nantinya. Setelah tau berapa batasnya kalian harus berusaha bisa membuat karil yang tingkat plagiarismenya sangat rendah. Karil saya kemarin plagiarismenya 5% (lumayan lah) menurut standar dosen pembimbing karil ut kemarin maks plagiarisme 30%, tapi kalo Univ lain mungkin bisa lebih rendah lagi.

Cek plagiarism ini bisa kalian ketahui saat kalian submit tugas 1 di tuton Karil. Biasanya tugas 1 ini berisi draft BAB 1, jadi kalau kalian submit nanti sistem UT akan langsung periksa dan deteksi plagiarismenya, karena e-learning UT bisa link ke turnit in langsung. Hebat kan!

Hanya saja kemarin saya sempat beli jasa cek turnit in yang 1 bulan full pemakaian non repository, yang intinya pilih yang non repo dan tidak nyimpan file kalian dan bisa akses dengan email kalian. Alasan saya beli karena saya dapat revisi 2x jadi untuk merevisi dan menurunkan angka plagiarismenya saya beli produk itu sekitar 50 ribu an. Kalau tidak sebulan juga bisa pilih 1 mingguh, tapi waktu itu karena jangka waktu ke deadline karil masih lama jadi saya pilih yg 1 bulan untuk jaga-jaga aja. Produknya bisa cek disini.

Setelah Cek plagiarisme nanti akan ada tanda bagian mana yang plagiarisme, biasanya tulisan bab, pendahuluan dll yang bagian atas itu suka kedeteksi plagiarisme tapi kalian bisa aktifkan filer agar turnitin tidak deteksi plagian bagian atas. Sebenernya UT juga menerapkan filter ini jadi yang diperiksa nantinya isinya saja. Oh iya mengapa plagiarisme ini penting, saya pernah dengar bahwa bikin karil UT itu meskipun penelitian kita gak bagus-bagus amat, asal tidak plagiat itu sudah pasti lulus, jadi semangat untuk mengurangi angka plagiarisme di Karil ya.

AKTIF DALAM TUTON TIPS MENGERJAKAN KARIL UT

Karil dan TAP ini akan masuk di tuton, jadi kalian harus rajin-rajin dalam tuton karil. Selalu aktif menjawab, bertanya melalui chat ke dosen mengenai draft kalian apakah sudah bagus atau masih ada yang harus direvisi. Jika dosennya pasif kalian yang harus kejar, karena jangka waktu karil ini singkat ya. Saat diskusi juga kadang tutor akan menyuruh kalian input draft di diskusi, tidak apa-apa input saja sambil liat punya teman apakah ada yang mengcopy ide kamu atau tidak (biasanya sih jarang ya).

Dalam tuton karil kalau dosennya enak seperti yang saya dapati kemarin, beliau aktif mengoreksi draft yang dikirim oleh mahasiswa selalu pada weekend sudah ada penilaian dan catatan revisi. Kalau dosen sudah memberi catatan silahkan langsung perbaiki ya solanya menulis karil ini sebenarnya singkat tapi kadang rasa malas dan rasa kesulitan bisa tiba menghadang hhehehe.

Persiapkan rancangan judul dan persiapan metode jauh – jauh hari

Sebenarnya yang saya sesali adalah saya tidak punya judul karil hingga 1 minggu tuton UT 😀 bayangkan saya yang setiap hari mikir judulnya apa ya wkwk. Saya belum ada gambaran saat itu, akhirnya saya ambil masalah yang paling dekat dengan saya yaitu masalah orang-orang yang suka gagal bayar pada aplikasi pinjol wkwkwk. (ini masih termasuk dalam ranah manajemen keuangan) kenapa orang-orang ini bisa melakukan kredit tetapi gagal bayar, faktor apa yang mempengaruhi perilaku tsb. itulah pikir saya saat itu.

kalau kalian mau lihat hasil karil saya boleh klik link ini ya. Soalnya saaya udh lulus plagiasi dan lulus tap jadi gpp saya publish ya.

Nah kalau kalian masih ada waktu silahkan cari-cari referensi dan judul sebelum tuton karil dimulai agar kalian lebih leluasa dan matang pembahasannya. Oh iya jika penelitian setelah mendapat judul pikirkan kira-kira nanti penelitiannya bagaimana dan harus mengumpulkan berapa banyak sampel ? dan lokasi penelitiannya dimana. Kalau saya kemarin penelitiannya di Facebook grup gagal bayar pinjol. Saya sebenernya kesusahan karena pengguna facebook ini banyak yang gak ngerti mengenai penelitian, arti respondend dll. bahkan ada yang ngatain saya konyol :D, ada juga yang ngira saya debt collector 🙁 jadi belajar dari pengalaman saya kalian pilih lokasi atau obyek penelitian yang orang-orangnya minimal ngerti apa itu penelitian. Alhamdulillahnya saya masih bisa sampai ke target responden yang saya terapkan.

Oh iya, Karil ini tidak ada nilainya hanya akan ditulis lulus dan tidak lulus saja. Kalaupun cek ke website karil hanya akan bertuliskan “lolos plagiasi”, karena nilainya pun nantinya digabung dengan TAP. Penulisan artikel ini sementara selesai disini ya, apabila ada yang mau ditanyakan boleh banget komentar maupun chat ke twitter saya ya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.